Pemanasan Sebelum Olahraga

SEBELUM OLAHRAGA, JANGAN LUPA UNTUK PEMANASAN KARENA TERDAPAT BANYAK MANFAATNYA!

Olahraga menjadi aktivitas yang sangat baik untuk dilakukan. Selain menjadi tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga juga bisa menghindari dari terserang penyakit. Namun banyak yang salah saat melakuakn olahraga, ayo ada yang bisa tebak apa kesalahan? Yap bener banget! pemanasan. Sering kali orang-orang yang mau berolahraga melupakan pemanasan. Padahal pemanasan ini sangat penting dan menjadi kunci agar saat pelaksaan olahraga bisa semakin maksimal.

Meskipun banyak yang menyangkal bahwa dengan pemansan bisa menghabiskan waktu yang cukup lama, namun pada akhirnya kamu akan merasakan sesuatu yang beda antara pemansan dan tidak pemanasan. Padahal pemanasan ini gak perlu cukup waktu yang lama kok, namun jika kamu bisa melakukannya maka bisa meningkatkan intensitas pada saat olahraga. Penasaran kan manfaat apa saja yang bisa dirasakan ketika pemansan terlebih dahulu sebelum olahraga?

1.Mengurangi ketegangan

Mengurangi ketegangan

Olahraga memang lebih baik dilakukan ketika tubuh sedang rileks. Makanya banyak orang yang ketika jarang olahraga, sekalinya olahraga mereka langsung merasa sakit badan. Hal itu dikarenakan mereka tak melakukan pemasasan terlebih dahulu. Otot tubuh yang tegang memang tak baik bila melakukan pergerakan yang berat. Sehingga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, otot pun bisa menjadi lebih rileks begitupun tubuhmu sudah siap untuk berolahraga.

2.Mencegah Cidera

Mencegah Cidera

Otot yang masih tegah bisa menjadi pemicu cidera. Kenapa? karena otot-otot ini akan kamu paksa sehingga membuat tubuh yang awalnya dingin harus berubah menjadi panas. Dengan begitu, cidera pun rentang terjadi apalagi ketika sebelumnya kamu belum ada pergerakan sama sekali.

3.Meningkatkan energi saat olahraga

Meningkatkan energi saat olahraga

Pemanasan sebelum olahraga akan mempersiapkan oto dan sendi untuk lebih siap dalam bergerak. Hal ini dikarenakan saat pemansan, darah akan mengalir lebih lancar ke otot-otot yang jarang di gunakan. Sehingga pada saat itu juga energi akan otomatis meningkat. Darah yang di alirkan ke otak juga bisa meregangkan bagian tulang punggung belakang dan otot pun pastinya akan lebih siap untuk bergerak. Jika semuanya sudah meregang dan sudah terasa lebih fleksibel, tenaga yang dikeluarkan saat olahraga pun bisa menjadi lebih maksimal.

4.Pergerakan menjadi lebih leluasa

Pergerakan menjadi lebih leluasa

Pemansan ini wjaib dilakukan agar tubuh lebih siap untuk gerakan olahraga yang lebih berat. Yang namanya olahraga bukan hanya sekedar pergerakan statis saja, namun lebih banyak dinamisnya. Sehingga saat sudah pemanasan, tubuh pun gak terlalu kaku dan kaget untuk melakukan gerakan yang lebih complicated. Untuk pemansan juga janganlah hanya melakukan pemanasan statis saja, karena kita pun perlu pemanasan dinamis. Dengan begitu saat kira olahraga bisa mencapai gerakan yang maksimal.  

5.Mempercepat pergantian suhu

Mempercepat pergantian suhu

Saat otot sudah mulai meregang dan tubuh sudah bisa menerima persiapan untuk olahraga, otomatis suhu pada tubuh akan meningkat. Hal inilah yang akan membuat otot lebih elastis dan lebih kuat untuk tantangan selanjutnya. Ketika tubuh sudah menjadi panas, mengartikan bahwa tubuh sudah rileks dan bisa menghindari dari cedera. Dengan begitu daya tahan tubuh pun meningkat karena oksigen sudah tersebar secara menyeluruh. Aliran oksigen dalam darah yang lancar pun akan mengurangi tekanan jantung.

6.Membuat lebih fokus

Membuat lebih fokus

Mental dan fisik yang siap saat sebelum olahraga itu sangat diperlukan. Untuk itu sangat penting pemanasan sebelum olahraga agar tubuh dan pikiran bisa lebih berkonsentrasi dan fokus sehingga tubuh pun tak mudah capek.

Jadi mulai sekarang jangan lupa untuk selalu pemanasan saat berolahraga ya. Gak perlu durasi yang lama, cukup 5 hingga 10 menit sampai kamu merasa tubuh sudah siap dan rileks.