5 Gaya Dalam Olahraga Renang Dalam Ajang Bergengsi

Selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, olahraga renang juga selalu hadir loh dalam berbagai perlombaan ajang olimpiade berkelas dibidang olahraga loh. Tentu saja, olahraga ini menarik minat masyarakat dunia untuk mempelajari teknik olahraga renang ini . Sebelum membahas gaya renang apa saja yang diperlombakan dalam ajang bergengsi, yuk, simak sejarah singkat dan teknik yang harus kalian kuasai sebelum mempelajarai berbagai gaya pada olahraga renang ini.

Sejarah Singkat

Olahraga yang hadir sejak berabad – abad lalu ini memang memiliki cerita sejarah Olahraga Renang yang cukup panjang. Cabang Olahraga renang ini pertama kali didirikan di Inggris, tepatnya di kota london yang melahirkan berbagai asosiasi olahraga renang. Kepopuleran olahraga ini mulai terdengar ketika berhasil masuk dalam olimpiade modern yang terselenggara di Yunani pada tahun 1896.

Di Indonesia, Olahraga ini berhasil melahirkan berbagai perkumpulan, salah satunya adalah Perserikatan Renang Bandung atau Bandungsche Zwembond yang lahir pada tahun 1917 dengan membawahi tujuh perkumpulan renang.

Teknik Olahraga Renang

Untuk dapat menguasai berbagai gaya dalam olahraga renang agar sempurna, tentunya kalian harus mengetahui berbagai teknik. Teknik yang bisa kalian lakukan yaitu :

Teknik Bernafas

Seperti yang kita ketahui dalam olahraga ini memang mengharuskan kita untuk dapat mengatur pernafasan saat berada di dalam air. Untuk dapat mengaturnya, kalian bisa melakukan latihan ringan.

Olahraga Renang

Yaitu dengan cara berdiri di tepi kolam dengan rendah dan posisikan wajah berada diatas permukaan air. Secara perlahan, tarik nafas melalui mulut dan tahanlah beberapa menit. Lalu masukan kepala kedalam air dan hembuskan nafas melalui hidung. Lakukanlah latihan ini sampai kalian menemukan irama sendiri.

Teknik Mengapung

Dalam melakukan teknik ini, usahakan kalian dalam kondisi tenang atau rileks. Kalian bisa lakukan mengapung dengan posisi telentang dan mengapung dengan posisi berdiri. Kedua teknik ini dapat kalian lakukan sampai kalian menemukan posisi yang seimbang.

Mengapung Terlentang

Untuk dapat melakukan teknik mengapung dengan terlentang, kalian bisa melakukan latihan ini dengan cara berpeganglah pada tepi kolam. Lalu tarik badan ke belakang dan posisikan tanga lurus dengan telinga terendam air.

Mengapung Berdiri

Teknik ini dilakukan dengan cara menyelam kedalam air dengan posisi tangan berpegangan pada tepi kolam. Secara perlahan tarik nafas dan dorong badan menjauhi tepi kolam dengan gerakan kaki seperti berenang serta tangan yang mengepak.

Teknik Meluncur

Teknik renang ini dapat kalian lakukan dengan cara berdiri membelakangi dinding kolam pada kolam yang dangkal. Kemudian tempelkan satu telapak kaki ke dinding tepi kolam dan doronglah badan menggunakan kaki. Meluncurlah dengan kedua tangan lurus sejajar ke arah depan. Lakuakan gerakan ini hingga kalian dapat menyeimbangkan tubuh kalian didalam air.

Gaya Renang Dalam Ajang Bergengsi

Walaupun ada banyak sekali gaya dalam olahraga renang, namun ada beberapa gaya dalam Olahraga Renang yang kerap hadir dalam berbagai pertandingan, khususnya dalam pertandingan ajang berkelas dan bergengsi, yaitu:

Gaya Bebas

Olahraga Renang

Gaya ini dilakukan dengan posisi dada menghadap permukaan air dan kedua tangan digerakan secara bergantian. Dalam pertandingan olahraga renang ini, biasanya memiliki jarak tempuh mulai dari 50 meter hingga 400 meter untuk jarak terdekat. Dan untuk jarak terjauhnya sekitar 800 meter hingga 1500 meter.

Gaya Kupu – Kupu

Dalam aturan olahraga renang ini selain mengandalkan kecepatan, para perenang pun harus dapat melakukan gerakan kedua tangan dan kaki dengan ketepatan irama. Untuk perlombaan ini biasanya ditemouh dengan jarak 100 meter hingga 200 meter.

Gaya Punggung

Olahraga Renang

Seperti yang kita ketahui gaya ini memang terbilang cukup rumit. Gaya ini dilakukan dengan memposisikan punggung menghadap permukaan air ini merupakan gaya yang cukup menantang. Pasalnya perenang tidak bisa melihat ke arah depan. Untuk jarak tempuh dalam olahraga renang gaya ini sejauh 100 meter hingga 200 meter.

Gaya Dada

Olahraga Renang

Gaya dada ini sering juga disebut dengan gaya katak. Gerakan gaya ini memang menyerupai gerakan katak yang sedang berenang. Tentu saja, gerakan ini merupakan gerakan renang yang paling mudah dilakukan dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Olahraga renang gaya ini memiliki jarak tempuh 100 meter hingga 200 meter.

Gaya Estafet

Gaya Estafet ini sering disebut dengan Gaya Medley yang merupakan penggabungan antara renang gaya bebas, gaya kupu – kupu, gaya punggung dan gaya dada. Dalam pertandingan ini akan ada beberapa tim yang bertanding dimana tiap timnya terdiri dari empat orang perenang. Pertandingan ini memiliki jarak tempuh 100 meter hingga 400 meter.

Bagaimana, tertarik menggeluti olahraga ini? Terntunya dengan niat dan usaha yang keras bukan hal yang tidak mungkin untuk kalian menjadi atlet renang profesional. Semoga artikel ini membantu kalian yang ingin belajar berbagai gaya renang ataupun berniat menjadi atlet renang profesional.