Olahraga Kasti

Olahraga Kasti: Mengenal Sejarah dan Teknik Dasar

Olahraga Kasti merupakan permainan olahraga yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan sebuah tongkat dimana setelah memukul bola pemain tersebut harus berlari untuk menghindari lemparan bola yang berhasil ditangkap oleh pihak lawan.

Olahraga Kasti

Permainan ini juga sering disebut dengan gebokan. Sepintas memang permainan ini hampir menyerupai permainan baseball. Akan tetapi nyatanya kedua permainan ini jelas sekali perbedaannya jika kalian lihat dari sisi teknik dan cara bermainnya.

Sejarah Singkat Olahraga Kasti

Mengenai sejarah olahraga kasti ini sejatinya telah ada sejat tahun 1744 di negara Inggris oleh William G.Morgan. Dan pada akhirnya olahraga ini mulai memasuki negara Indonesia pada jaman penjajahan Belanda-Jepang.

Olahraga Kasti

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa olahraga ini merupakan awal dari kemunculan olahraga baseball yang bisa dilihat pada referensi sastra untuk bentuk awal utama bola di pra Inggris Raya. Namun saat ini kepopuleran yang telah diraih oleh permainan baseball nyatanya lebih unggul dibandingkan dengan olahraga kasti.

Peraturan Permainan Bola Kasti

Olahraga Kasti

Dalam olahraga bola kasti ini tentunya terdapat berbagai peraturan, yaitu :

  • Permainan ini menggunakan lapangan dengan panjang 60-70 m dengan lebar 30m. Ukuran tersebut termasuk dengan ruang pelambung 5 x 5 m, ruang pemukul 5 x 5 m, ruang bebas 15 x5 dan jari – jari marka sekitar 1m.
  • Setiap pertandingan terdiri dari dua tim yang bertanding dimana tiap tim nya terdiri atas 12 orang pemain dengan posisi sebagai pemukul bola, penangkap bola dan pelempar bola. Disetiap tim juga akan ada seorang yang ditunjuk sebagai kapten tim.
  • Setiap pemain diwajibkan mengenakan baju atau seragam yang sama dengan timnya. Memakai kaus jersey dan celana seragam dengan tim, kaus kaki, sepatu dan pelindung kepala.
  • Perlengkapan permaianan ini terdiri dari bola kasti yang terbuat dari karet, tongkat bola yang terbuat dari kayu dan bendera kecil berwarna terang untuk penjelas tanda dalam lapangan.
  • Seperti permainan lainnya, permainan olahraga kasti ini pun terdapat seorang wasit yang dibantu oleh 3 orang penjaga garis dan seorang pencatat waktu.
  • Akan ada dua babak dalam permainan ini. Durasi permainan ini berlangsung tiap babaknya selama 20 – 30 menit dengan ekstra time untuk beristirahat selama 15 menit.
  • Pergantian tempat akan berlangsung jika penjaga mampu melemparkan bola mengenai tubuh lawan atau penjaga berhasil menangkap bola secara langsung sebanyak tiga kali berturut. Pergantian tempatpun dapat terjadi ketika alat pemukul lepas dari tangan ketika sedang melakukan pukulan bola

Teknik Dasar Olahraga Kasti

Sebelum mempelajari bagaimana cara bermain olahraga ini, yuk ketahui dulu mengenai teknik dasar yang digunakan dalam olahraga kasti ini, yaitu :

Teknik Melempar Bola

Olahraga Kasti

Teknik ini merupakan teknik yang diperuntukan untuk para penjaga baik untuk mengoper bola ke rekan tim ataupun untuk mengenai lawan, cara melempar bola kasti adalah dengan memegang bola dengan semua jari dengan erat dan jarak jari tidak harus terlalu ketat. Pemain dapat melakukan tiga cara untuk dapat melempar bola dengan sempurna, yaitu :

Lemparan Bola Mendatar

Lemparan ini digunakan untuk melempar bola ke arah sang pemukul bola. Tentunya kalian harus fokus terhadap arah bola yang dilayangkan. Kalian dapat menargetkan bagian belakang pemukul. Gunakan tangan bagian kanan untuk memegang bola dan tekuk siku 90 derajat. Lalu arahkan bola ke arah lawan dengan posisi tubuh tegak. Lemparkan bola sejajar dengan arah kepala.

Lemparan Bola Memantul Tanah

Pegang bola pada pangkal sendi jari dengan posisi tubuh menekuk. Kemudian ayunkan lengan belakang ke depan melalui bawah. Kemudian lemparkan bola memantul tanah ke arah pemukul bola.

Lemparan Melambung

Lemparan ini dilakukan ketika kalian ingin mengoper bola kepada teman yang letaknya berjauhan, yaitu dengan berdiri menyamping dengan kaki kiri didepan dan kanan dibelakang. Buka kaki dengan lebar sambil meluruskan kedua lutut kaki. Pegang bola dengan tangan kanan dan sejajarkan tangan kiri dengan bahu, kemudian lemparkan bola diatas kepala hingga melambung tinggi.

Teknik Memukul Bola

Olahraga Kasti

Memukul bola kasti yang berukuran kecil tidak semudah yang kita lihat loh. Para pemain tentunya berharap pukulannya tersebut dapat sekeras mungkin agar bola tersebut tidak dapat ditangkap oleh tim penjaga. Tentunya ada berbagai teknik yang harus kalian lakukan agar pukulan bola tersebut sempurna, yaitu :

Memukul Arah Mendatar

Letakan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang. Posisikan tangan dayung ke tingkat bahu. Tangan kiri meminta kepada rekan tim secara datar. Fokus kepada bola yang datang, kemudian pukul sekuat mungkin dengan cara mengayunkan pemukul secara horizontal.

Memukul Arah Bawah

Letakan kaki kiri di depan dan kanan dibelakang. Kemudian tangan dayung kembali keatas. Fokus ke arah bola dan pukulah dengan keras menggunakan pemukul.

Pukulan Melambung

letakan kaki kiri di depan dan kanan di belakang. Tekuk tangan 45 derajat kebawah.  Fokus bola yang datang dan kemudian pukul dengan cara mengayunkan pemukul mencapai sisi kiri atas.

Dengan mengetahui teknik dasar olagraga kasti, tentunya kalian akan lebih mudah untuk memainkan olahraga ini. Semoga ulasan ini dapat membantu kalian untuk mempelajari bagaimana cara bermain olahraga kasti dengan tepat dan benar.