Olahraga Kardio

JENIS-JENIS OLAHRAGA KARDIO

Banyak yang berpikir bahwa olahraga hanya bisa dilakukan di tempat gym karena didukung oleh peratalan yang komplit. Padahal olahraga bisa dimana saja asalkan ada niat dan dilakukannya secara benar. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih sehat dan juga melangsingkan badan dari mulai olahraga yang ringan hingga berat.

Ketika seseorang ingin melangsingkan badan, mungkin yang terlintas di pikiran adalah olahraga kardio, tapi sebelum kita bahas lebih lanjut kalian tau gak sih olahraga kardio itu seperti apa? olahraga kardio ini ada sangkut pautnya dengan pernafasan dimana setiap gerakan yang kita lalukan memang butuh oksigen yang banyak serta otot yang kuat untuk bisa melakukan gerakan fisik tersebut.

Hal yang bisa dirasakan ketika melakukan olahraga kardio ini tentunya akan membakar kalori yang banyak dan bisa mempercepat metabolisme tubuh. Bila dilakukan dengan tapat hasilnya pun akan terlihat berat badan turun dan beberapa anggota tubuh bisa mengecil. Lalu ada apa saja ya jenis-jenis olahraga kardio?

1.Zumba

Zumba

Olahraga yang mayoritas dilakukan oleh para wanita ini merupakan olahraga kardio yang sangat menyenangkan. Dalam zumba sendiri, kita mengikut sertakan seluruh anggota tubuh untuk bergerak sehingga lebih cepat dalam pelunturan lemak. Kalori yang terbakar pun lumayan banyak untuk per 60 menitnya yaitu sekitar 400 kalori terbuang.

Zumba ini gak mengharuskan untuk bisa dance, karena gerakannya mudah diikuti dan sekarang sudah banyak video-video gratis yang bisa ditonton di youtube. Olahraga ini gak akan terasa kok, dalam 30 menit saja tau-tau kalian sudah berkeringat.

2.Treadmill

Treadmill

Banyak orang yang benci dengan lari karena membuat cepat lelah dan tak kunjung lama. Nah ada salah satu solusi untuk kamu yang ingin lari tapi gak mau cape yaitu dengan menggunakan treadmill. Selain untuk mengencangkan tubuh, treadmill juga bisa membantu untuk membakar lemak layaknya lari di track. Lari diatas treadmill pun sudah termasuk kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan pernafasan. Kalian bisa atur kecepatannya dan intensitasnya sesuai dengan kemampuan.

3.Naik turun tangga

Naik turun tangga

Mungkin terkesan aneh, namun kenyataannya aktivitas ini bisa disebut dengan jenis olahraga kardio. Buat kamu yang ingin punya perut dan paha kecil, aktivitas ini sangat efektif bisa merealisasikan itu semua. Jika dilakukan secara rutin, olahraga naik turun tangga ini bisa membuat paha menjadi kencang dan juga mengempeskan lemak perut. Tapi buat kamu yang punya masalah pada lutut, lebih baik hindari olahraga ini.

4.Jumping Jacks

Jumping Jacks

Jumping Jacks juga bisa dikategorikan sebagai olahraga cardio yang ampuh untuk membakar kalori. Olahraga ini gak membutuhkan alat apapun tapi harus dipastikan kembali bahwa kamu memakai sepatu dan pakaian olahraga yang nyaman. Kamu pun bisa menggabungkan dengan olahraga kardio lainnya seperti mountain climber, squat dan push up.

5.Jogging

Jogging

Jogging bisa menjadi alternatif lain jika kamu gak suka dengan lari, meskipun jogging mirip-mirip seperti lari. Jogging ini gak perlu mengeluarkan tenaga yang besar, yang penting setiap langkah yang kamu keluarkan stabil. Olahraga ini pun gak bisa dilakukan didalam rumah maupun di luar rumah, lagi-lagi sepatu yang harus dilakukan harus yang nyaman agar kakimu tidak sakit. Untuk pemula, kamu bisa lakukan sekitar 20 menit dan bisa menambah intensitas di hari berikutnya.

Bagi kamu yang ingin membakar emak dengan efektif, cobalah kelima olahraga di atas secara rutin agar hasilnya bisa maksimal. Selamat mencoba!