6 OLAHRAGA YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Kondisi sedang hamil bukanlah menjadi alasan untuk gak olahraga. Malah sebaliknya, saat hamil setidaknya harus olahrga seminggu satu kali atau seminggu 2 kali agar tetap menjaga kesehatan tubuh baik sang ibu juga untuk janin. Olahraga saat hamil pun diklaim bisa melancarkan ketika persalinan nanti. Selain itu juga bisa menjaga postur tubuh juga bisa mencegah nyeri pada badan yang biasa sering dirasakan oleh sang ibu.

Memang olahraga yang disarankan jangan yang terlalu berat. Melihat dari manfaatnya pastinya sangat baik untuk kesehatan, tapi gak semua olahraga boleh dilakukan dan justru malah harus di hindari. Meski banyak ibu hamil yang takut melakukan olahraga, padahal olahraga ini sangat banyak menfaatnya seperti bisa mengurangi stress, mencegah diabetes, melancarkan persalinan dan masih banyak lagi.

So kali ini kita akan bahas olahraga apa saja yang paling aman untuk ibu hamil.

1.Yoga

Olahraga yang satu ini sangat disarankan karena aman dan tidak akan membahayakan. Yoga ini akan melatih pernafasan dan membuat tubuh lebih lentur. Yoga bukanlah olahraga yang berat, malahan dengan melakukan olahraga ini bisa membuat pikiran dan fisik lebih rileks.

Selain itu yoga juga bisa membantu dalam mengatasi sakit pinggang yang kerap muncul ketika sedang hamil. Tak heran bila banyak ibu hamil yang selalu yoga ketika sudah masuk trimester 2 ataupun 3.

2.Jalan Kaki

Olahraga yang satu ini sangatlah murah dan mudah untuk dilakukan. Jalan kaki secara rutin bisa membantu melancarkan peredan darah, menyehatkan jantung dan juga melatih otot-otot kaki. Hal ini karena biasanya ibu hamil lebih banyak diem dan jarang bergerak.

Gak perlu lari atau jalan cepat, cukup jalan saja seperti biasa dilakukan di pagi atau sore hari, misalnya keliling komplek atau yang dekat dari rumah dengan durasi 30 menit. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih setelahnya agar menghindari dehidrasi.

3.Senam

Senam merupakan olahraga yang lumayan banyak juga digemari oleh para ibu hamil. Senam sangatlah bermanfaat untuk kekuatan dan juga tubuh menjadi lebih bugar. Kamu bisa melakukan senam ini dengan cara melihat tutorial dari youtube atau bisa juga mengikuti kelas  senam agar bisa dipandu oleh yang lebih professional. Dan yang terpenting, gerakan-gerakan senam tersebut lebih aman untuk meninimalisir terjadinya cidera.

4.Berenang

Olahraga ini biasanya dilakukan pada ibu hamil yang sudah memasuki bulan-bulan akhir atau mendekati waktu persalinan. Berenang menjadi salah satu alternatif bila sang ibu tak mau berkeringat dan gak bikin lelah.

Selain baik untuk paru-paru, berenang juga bisa mengurangi rasa sakit pada panggul dan bagian tubuh lainnya. Gaya renang yang paling di anjurkan adalah gaya dada karena risiko cedera sangat kecil dan sudah pasti aman.

5.Jongkok

Meski bukan termasuk olahraga, namun gerakan seperti ini bisa membantu untuk melenturkan panggul. Hal ini bisa dilakukan selama 10 sampai 30 detik dan pastikan badan untuk seimbang.

6.Pilates

Olahraga yang satu ini sangat perlu di pandu oleh instruktur agar gerakan yang dilakukan tidak salah. Beberapa gerakan pilates ini bisa menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh dan juga melancarkan peredaran darah. Sama seperti yoga, pilates ini menjadi olahraga favorite ibu hamil.

Itulah  olahraga yang aman untuk ibu hamil, namun bila kamu mengalami keluhan sakit atau yang lainnya bisa konsultasikan ke dokter. Tanyakan apakah olahraga ini baik untuk dilakukan atau tidak. Yang jelas, ketika mendekati persalinan harus rutin berolahraga agar persalinan lancar. Semoga membantu.