OLAHRAGA BELA DIRI INDONESIA

OLAHRAGA BELA DIRI ASLI INDONESIA

Perlu diketahui, olahraga bukan hanya sekedar membakar kalori dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Bukan juga hanya untuk kesenangan karena bisa melakukan olahraga bareng tim. Dan pastinya bukan sebagai ketahanan tubuh saja. Tapi olahraga pun bisa berfungsi sebagai defense diri ketika ada yang menyerang kita dan membahayakan kita.

Selain menjadi lebih kuat, kita pun bisa melakukan penyerangan balik jika sesuatu terjadi. Dengan itulah ada yang dinamanya dengan olahraga bela diri. Cabang olahraga ini sangatlah banyak jenisnya dan asal mulanya pun dari negara yang berbeda-beda. Namun kali ini kita akan bahas olahraga bela diri dari Indonesia dulu ya.

Sudah tau apa saja? makanya simak sampai beres!

1.Pencak silat

Pencak silat

Mungkin kalian sudah banyak yanf tau dengan olahraga bela diri yang satu ini. Pencak silat berasal dari tanah Sunda yaitu Jawa Barat yang paling terkenal di Indonesia. Bela diri yang satu ini pun merupakan pencampuran suku melayu dan sunda yang sudah ada sejak tahun 1550, lama banget ya?

Bela diri ini akan melatih kekuatan tubuh serta membantu dalam daya tahan tubuh. Pencak silat juga selal diterapkan pada ilmu bela diri negara dan merupakan pendidikan wajib bagi anggota kepolisian dan juga TNI. Pencak silat sendiri sudah berkembang ke negara lain dan memiliki organisasi yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan bela diri ini sudah termasuk dalam cabor pada olimpiade maupun pertandigan SEA Games.

2.Tarung Derajat

Tarung Derajat

Tarung Derajat ini merupakan bela diri yang menggerakan seluruh anggota tubuh. Dimulai oleh seorang pria beranam Achmad Derajat, ia melakukan pengembangan diri terhadap teknik dan gerakan yang ia pertarungkan di jalanan Bandung. Tarung Derajat ini berfokus pada gerakan menendang dan memukul untuk serangan dan juga menggunakan teknik banting diri.

Sama dengan Pencak Silat, Tarung Derajat pun sudah menjadi cabor yang dipertandingan pada SEA Games 2013 dan bela diri ini juga dijadikan sebagai olahraga nasional untuk melatih calon prajurit TNI.

3.Merpati Putih

Merpati Putih

Bela diri ini asli dari Indonesia yang hanya mengandalkan dengan tangan kosong. Keberadaan Merpati putih di Indonesia ini udah ada sekitar tahun 1550an dan nama ini merupakan singkatan dari ‘Mersuid Patitising Tindak Pusakane Tisising Hening’ yang memiliki arti mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan. Dari makna tersebut bisa kita rangkum bahwa siapapun yang melakukan bela diri ini bisa menenangkan hati dan pikirannya dalan setiap tindakan yang dilakukan.

Karena tidak menggunakan alat apapun, bela diri ini melatih kemampuan dalam pernafasan sehingga setiap gerakan yang dilakukan harus menggunakan teknik pernafasan yang benar.

4.Perisai Diri

Perisai Diri

Ada yang pernah denger tentang bela diri yang satu ini? Perisai diri adalah olahraga bela diri turunan dari pencak silat. Biasanya bela diri ini lebih sering dilakukan oleh orang dewasa. Di dirikan oleh RM seobandiman Dirdjoatmodjo yang merupakan putra dari seorang bangsawan dan sudah ada sejak 1955. Gerakan perisai diri ini diperoleh dari berbagai macam gerakan dan mencampurkan antara teknik silat dari Indonesia dan Tiongkok. Nantinya mereka yang ingin mengikuti perisai diri ini akan diajarkan berbagai macam teknik mulai dari tangan kosong hingga yang memakai senjata.

Itulah bela diri asli asal Indonesia yang mungkin jarang kita dengar, semoga olahraga ini bisa terus berkembang hingga ke kancah Internasional!