Olahraga Atletik

4 Cabang Olahraga Atletik Yang Populer di Dunia

Olahraga Atletik merupakan junis olahraga yang terdiri dari beberapa jenis olahraga fisik. Sebagai jenis olahraga yang kerap dipertandingkan dalam ajang bergengsi kelas dunia, tentunya olahraga ini memiliki banyak peminat. Bagi kalian yang tertarik dengan olahraga ini, berikut akan kami berikan 4 cabang olahraga atletik yang populer diseluruh penjuru dunia.

Cabang Olahraga Panahan

Olahraga yang cukup ngetren di Indonesia ini merupakan cabang olahraga atletik yang cukup populer di Indonesia saat ini. Keberhasilan para atlet, terutama tokoh 3 srikandi yang berhasil meraih medali pertama pada Olimpiade Seoul pada tahun 1988 lalu, sangat menginspirasi para generasi muda selanjutnya untuk menekuni cabang olahraga ini.

Olahraga Atletik

Dalam olahraga ini memerlukan berbagai teknik serta ketepatan untuk dapat memanah tepat pada titik tengah target.

Cabang Olahraga Lompat

Untuk olahraga melompat yang populer diseluruh dunia, terbagi atas 3 junis olahraga lompat yaitu:

Lompat Tinggi

Olahraga Atletik

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga ini sering sekali kita jumpai dalam event olahraga kelas dunia. Dalam olahraga ini para atlet lompat diharuskan untuk melompat setinggi mungkin untuk dapat melewati palang atau mistar dengan pendaratan yang sempurna pula. Tentunya olahraga ini tidak mudah dilakukan. Selain harus fokus dan berkonsentrasi, olahraga ini juga mengandalkan kekuatan otot perut dan otot kaki.

Lompat Jauh

Olahraga Atletik

Selain lompat tinggi, ada juga loh lompat jauh dimana kemenangan atau keberhasilan para atlet diukur dari seberapa jauhnya jarak pendaratan para atlet dalam melompat. Tentunya olahraga ini mengharuskan para atlet untuk dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara.

Lompat Galah

Olahraga Atletik

Hampir sama dengan lompat tinggi. Pada lompat galah ini para atlet diharuskan melompat setinggi mungkin untuk dapat melewati palang. Akan tetapi dalam olahraga ini para atlet menggunakan galah untuk membantu mereka melompat. Galah yang digunakannya pun berukuran panjang dan fleksibel loh.

Cabang Olahraga Berlari

Untuk cabang olahraga lari yang populer diseluruh dunia, terbagi atas 3 jenis olahraga atletik, yaitu:

Lari Jarak Jauh

Pastinya kalian cukup mengenal dekat dengan jenis olahraga yang sering dipertandingkan dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Jenis olahraga atletik ini biasa disebut dengan marathon. Dimana lintasan lari pada olahraga ini sejauh 3 km sampai dengan 10 km bahkan bisa lebih.

Lari Jarak Pendek

Berbeda dengan lari jarak jauh. Untuk jenis olahraga ini hanya menggunakan lintasan sejauh 1 km hingga 4 km saja. Dengan awalan start yang sama dengan lari jarak jauh, yaitu dengan posisi jongkok.

Lari Estafet

Untuk jenis olahraga ini memiliki lintasan atau jarak yang sama dengan lari jarak jauh. Yang membedakannya adalah pada olahraga lari estafet ini dilakukan secara beregu dengan bergantian atau sambung menyambung antar pelari dengan media tongkat yang akan dioper kepada pelari berikutnya.

Cabang Olahraga Jalan Cepat

Tidak hanya berlari saja, akan tetapi olahraga jalan cepat juga cukup populer loh dan sering dipertandingkan dalam ajang internasional. Terlihat sangat mudah, akan tetapi dalam olahraga ini diperlukan berbagai teknik. Selain berjalan cepat, posisi salah satu kaki harus selalu menyentuh tanah dengan posisi tumpuan kaki yang lurus.

Cabang Olahraga Melempar

Untuk cabang olahraga yang populer diseluruh dunia ini, umumnya menggunakan alat kusus yang nantinya akan dilemparkan. Berikut 4 jenis olahraga atletik melempar yang populer di dunia.

Tolak Peluru

Sesuai namanya, pelempar harus dapat melakukan tolakan peluru dengan melemparkan sejauh mungkin bola yang terbuat dari besi dengan berat 5 kg – 7 kg untuk pria dan 3 kg – 4 kg untuk wanita. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kalian harus mengetahui berbagai teknik melempar yang digunakan pada olahraga ini.

Lempar Lembing

Jika pada olahraga tolak peluru menggunakan bola besi, pada olahraga ini pelempar akan melemparkan lembing sejauh mungkin. Untuk atlet pria, lembing yang digunakan berukuran 2,6m – 2,7m yang memiliki berat hingga 800gr.

Sedangkan untuk atlet wanita menggunakan lembing berukuran 2,2 – 2,3m disertai dengan berat 600gr. Tentunya untuk mendapatkan nilai yang maksimum, para atlet akan menggunakan berbagai teknik khusus.

Lempar Cakram

Olahraga ini menggunakan cakram sebagai alat yang akan dilemparkannya. Sejarah olahraga atletik ini berlangsung pertama kalinya di Olimpiade pada tahun 1896 di Yunani, tepatnya di kota Athena.

Sebelum melakukan pelemparan cakram, para pelempar diharuskan berputar sebanyak dua kali. Ukuran cakram yang digunakan herus berdiameter 220mm seberat 2kg untuk pria dan untuk wanita seberat 1kg. Tentunya ada berbagai teknik untuk dapat melakukan lemparan yang sempurna.

Lempar Martil

Untuk olahraga yang satu ini memang sangat manarik. Pasalnya olahraga ini menggunakan obyek yang dilempar dengan bobot seberat 7 kg dengan panjang 121 cm untuk pria. Sedangkan untuk wanita dengan bobot 4 kg dengan panjang 119cm. Untuk gerakannya pun cukup unik. Yaitu dengan memutar sambil mengayunkan martil kemudian melemparkannya sejauh mungkin.

Demikian ulasan mengenai macam – macam cabang olahraga atletik yang kepopulerannya hingga mendunia. Nantikan berbagai info menarik seputar olahraga dalam situs ini. Salam hangat pecinta olahraga.