BERBAGAI MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH

Akhir-akhir ini bersepeda menjadi hobi baru bagi orang-orang. Trend bersepeda ini sebenernya sudah ada sejak lama, namun pada saat pandemi, orang-orang mulai lagi berolahraga bersepeda. Terlepas dari mencari kesehatan atau sekedar ikut trend saja, tapi memang dibalik itu semua kita selalu melihat orang-orang bersepeda di setiap sudut kota.

Secara garis besar, memang olahraga ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain bisa mencegah dari beberapa penyakit serius, kegiatan ini juga bisa membuat tubuh menjadi ideal. Dengan bersepeda pun kita bisa mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, sehingga lingkungan pun menjadi lebih sehat.

Jika kalian sudah sering bersepeda, taukah manfaat yang akan kalian dapatkan? Kali ini kita bahas satu persatu ya!

1.Menjaga berat badan agar stabil

Salah satu manfaat yang akan terasa bila kamu bersepeda dengan rutin adalah berat badanmu akan terjaga. Karena selain bisa membentuk otot, bersepeda juga cepat dalam pembakaran lemak. Kalori yang dibakar pada saat bersepeda itu tergantung dari durasinya, semakin lama bersepeda pasti kalori pun bisa terbakar lebih banyak. Jadi buat kamu yang ingin menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan agar stabil, cobalah bersepeda dengan rutin.

2.Mencegah risiko penyakit jantung

Sama seperti berlari, bersepeda sangat baik bagi kesehatan jantung. Detak jantung yang dihasilkan akan lebih stabil dan juga bisa memperlancar peredaran darah. Dengan bersepeda juga bisa mencegah penyakit kardiovaskular dan juga mengurangi darah tinggi.

3.Mencegah Kanker

Bersepeda secara rutin akan mencegah kanker karena bisa membuat tubuh menjadi bugar. Sebuah penelitian berkata jika bersepeda ini bisa mencegah penyakit khususnya pada kanker payara dan kanker usus. Ini dikarenakan pergerakan kaki yang menggoes dengan tenaga. Dan hal ini pun sudah terbukti sangat ampuh.

4.Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit serius yang bisa mematikan. Siapapun bisa terkena diabetes dan tak mengenal usia. Apalagi jika seseorang gak bisa menerapkan pola hidup sehat yang baik, diabetes bisa membuatnya semakin parah. Karena diabetes ini memerlukan aktivitas fisik yang bisa melatih agar gula darahnya bisa terkontrol dengan baik. Nah salah satu caranya yang lumayan efektif adalah dengan cara bersepeda. Dengan bersepeda selama 30 menit, ternyata lumayan efektif untuk mecegah diabetes dan gula darah menjadi tinggi.

5.Membentuk otot menjadi kuat

Pergerakan saat bersepeda memang terasa lebih lelah dan cukup menguras tenaga. Dengan begitu bersepeda juga membentuk otot kaki serta baik untuk kesehatan tulang. Bersepeda juga bisa  menyehatkan bagian sendi terutama pada lutut. Tubuh pun bisa menjadi lebih bugar dan bisa membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

6.Mencegah Stress

Stress bisa muncul kapan saja dan banyak sekali pemicunya. Untuk menghindari itu semua, cobalah untuk berolahraga misalnya dengan bersepeda, dengan begitu tubuh akan memproduski hormon yang bisa menciptakan rasa bahagia. Jadi otomotasi kamu pun sudah terhindar dari stress. Penyakit tubuh hilang, penyakit pikiran juga bisa hilang.

7.Mengatasi Insomnia

Bersepeda bukanlah olahraga yang ringan, apabila kamu baru melakukan aktivitas ini pastikan akan merasa bahwa bersepeda itu berat. Tapi memang benar guys, bersepeda benar-benar bisa buat capek loh, apalagi durasi dan jarak yang ditmepuh sangat jauh. Walaupun kalori terbakarnya juga banyak, tapi beberapa jam kemudian kamu akan merasakan pegal-pegal khususnya bagian ke bawah. Hal itulah yang membuat kamu bisa tidur lebih cepat. Karena tubuh sudah lelah butuh istirahat, saat itu jugalah hormone kortisol bisa hilang.

Itulah 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda, sangat banyak bukan? Yuk mulai sekarang bersepeda!