BERBAGAI MANFAAT BERSEPEDA BAGI SI KECIL

Mengajari anak akan suatu hal bukanlah perkara yang mudah namun tak sulit juga. Anak kecil memiliki memori yang cukup kuat dan cepat tanggap akan hal baru. Memperkenalkan wawasan pun gak hanya dari akademis saja, tapi sebagai orang tua harus bisa mmelakukan aksi yang nyata salah satunya dengan mengajari bermain sepeda.

Mungkin terkesan spele, namun aktivitas seperti ini memberikan banyak hal positif bagi si kecil. Tumbuh kembang anak pun gak hanya dipenuhi oleh makanan yang bergizi dan seimbang tapi mulailah berlatih olahraga kecil-kecilan.

Pemberian sepeda kepada anak pun akan membuat si anak lebih bertanggung jawab terhadap barang yang ia punya. Karena kepemilikannya itulah yang akan membentuk ia menjadi pribadi yang lebih rajin untuk merawatnya, mencuci dan sebagainya. Gak cuma itu saja loh, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan, pokonya baca sampe beres ya!

Melatih si kecil akan hal baru memang harus bertahap dan jangan berharap bahwa si kecil harus langsung bisa. Karena hal seperti ini cenderung baru dan mungkin masih banyak takutnya. Pembelajaran inilah yang akan membentuk pribadi yang lebih berani, ketika melihat potensi si anak mulai baik, barulah para orang tua bisa melepasnya secara pelan-pelan. Dengan begitu anak pun akan lebih percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya dan lebih berani untuk mengeskplor lebih jauh.

Dengan bersepeda pun, anak-anak bisa belajar mengenai keseimbangan pada tubuh. Seperti yang dikatakan sebelum bahwa belajar sepeda itu harus berproses. Untuk pertama kali memakai roda 4 terlebih dahulu, sekiranya si anak sudah berani dan request untuk melepas ban kecilnya, barulah diajarkan dengan roda dua. Hal ini bisa melatih keseimbangan tubuh dimana si anak harus bisa memposisikan dirinya agar tak jatuh dari sepeda.

Selain itu, mereka akan belajar konsentrasi pada suatu hal. Maksudnya apa? maksudnya adalah apa yang mereka lakukan sudah menjadi tanggung jawabnya apalagi barang tersebut merupakan kepemilikannya. Mereka harus bisa mengendalikan sepeda bagaimana caranya agar tidak menabrak, tidak jatuh, dan bisa menghindari apa yang ada di depannya. Dengan begitu, otaknya sudah dilatih untuk berkonstrasi sejak dini. Meskipun terlihat spele, tapi inilah yang akan membangun pribadi anak menjadi lebih matang.

Pada dasarnya banyak anak yang tidak bisa diam dan banyak pergerakan setiap harinya. Tapi ada baiknya pergerakan yang mereka lakukan itu teratur, misalnya dengan bermain sepeda. Hal seperti ini akan membantu melatih kemampuan motorik anak, karena mereka akan berpikir bahwa mereka harus melakukan sesuatu agar sepeda bisa bergerak, yaitu dengan cara mengowesnya. Hal ini pula yang akan membuat tubuh menjadi kuat serta peka terhadap suatu kondisi. Itu sebabanya pergerakan yang ia lakukan pada tubuhnya akan melatih motoric secara tidak langsung.

Tak hanya itu, bersepeda juga mengajarkan bagaimana caranya menjalankan, mengendalikan sesuatu. Dimana anak-anak akan belajar bagaimana cara mengayuh yang benar dan tidak terlalu cepat agar tak membahayakan si anak itu sendiri.

Dan yang terakhir manfaat dari bersepeda adalah tubuh yang sehat. Aktivitas bersepeda bisa dikatakan sebagai olahraga karena anggota tubuh bergerak dan juga mengeluarkan keringat. Dengna begitu tubuhnya akan lebih fit dan tetap sehat. Selain itu juga melatih otot dan memperkuat tulang sehingga bisa mempercepat pertumbuhannya.

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari bersepeda bagi si kecil. Ingat ya bun, jangan berharap lebih kepada anak tapi tuntunlah dengan berproses yang baik. Semoga bermanfaat!