4 Pose Yang Sering Digunakan Dalam Hatha Yoga

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai gerakan Yoga yang mudah beserta dengan manfaatnya, kali ini kita akan membahas tentang dasar dari semua yoga yaitu Hatha Yoga. Bisa dikatakan bahwa Hatha Yoga merupakan rajanya gerakan yoga dimana Hatha Yoga ini lebih dulu muncul dibandingkan berbagai gerakan Yoga lainnya. Tentunya gerakan yoga ini sangat cocok untuk paa pemula.

Untuk gerakan dalam Hatha Yoga, sebelumnya telah kami jelaskan secara singkat dalam artikel sebelumnya. Jika kalian ingin mempelajari berbagi gerakan lainnya. Berikut akan kami sajikan 4 pose dalam Hatha Yoga.

Vrikshasana

Untuk melakukan pose ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena pose ini memang melibatkan fokus dan konsentrasi. Yang pertama harus kalian lakukan adalah berdiri tegak dengan meletakan tangan pada sisi tubuh. Tekuk lutut kaki kanan dan letakan di pada pangkal paha sisi kiri. Tarik nafas dan angkat kedua tangan ke atas kepala dengan posisi tangan lurus secara perlahan. Ulangi gerakan ini setiap satu menit dengan mengganti posisi kaki sebaliknya. Tentunya  gerakan ini dapat memperkuat tulang kaki serta meningkatkan keseimbangan dan ketegangan pada otot tubuh.

Setu Bandhasana

Bukan hanya bagus dilakukan pada pagi hari saja, gerakan ini pun sangat bagus juga dilakukan pada malam hari loh. Untuk gerakan ini bisa kalian  lakukan dengan cara berbaring terlentang dan menekuk lutut kaki serta meletakannya di lantai selebar pinggul.pergelangan kaki dan lututpun harus ditempatkan pada garis lurus dengan telapak kedua tangan menghadap kebawah. Atur nafas dengan baik dan angkat pinggul secara perlahan dari lantai.

Hatha Yoga

Biarkan bagian bahu, kaki, dan lengan menyokong berat badan. Secara perlahan. Gunakan kedua tangan kalian untuk mengangkat tubuh dan tahan posisi ini hingga 1 menit dan bernafaslah secara perlahan. Tentunya gerakan ini harus dilakukan dengan instruktur Yoga apabila kalian sedang hamil atau sedang dalam cidera leher. Dan untuk gerakan ini sendiri tidak diperbolehkan bagi kalian yang memiliki permasalahan pada bagian punggung.

Sirsasana

Untuk melakukan pose ini terlebih dahulu kalian harus pastikan bahwa alas yang kalian gunakan aman untuk melindungi kepala. Mula ā€“ mula kalian harus berlutut di lantai dengan posisi lengan bawah pada lantai dan siku tepat pada bawah bahu. Letakan kepala bagian atas ke lantai, kemudian dengan posisi telapak tangan menangkup bagian belakang kepala. Tarik nafas kemudian angkat lutut menuju siku dengan mengankat tumit dari lantai.

Hatha Yoga

Lalu angkat melalui paha dengan membentuk ā€œVā€. dorong bagian bahu ke punggung kemudian angkat ke arah tulang ekor. Angkat kaki secara bersamaan saat kalian bernafas. Lalu posisikan kaki lurus dengan lantai dengan posisi tulang ekor tegak kebagian pelavis dan dorong tumit kea rah langit langit. Tahan selama 10  detik denngan menggunakan kedua lengan bawah sebagai penyeimbangnya. Lakukan selama 5 menit lamanya.

Halasana

Pose ini juga merupakan pose terakhir dalam gerakan Yoga. Untuk melakukan gerakan ini, terlebih dahulu kalian harus membaringkan tubuh dengan posisi terlentang dengan posisi telapkj kedua tangan berda pada samping dengan menghadap kebawah.

Kemudian, Tarik nafas dan angkat kaki dengan membentuk sudut 90 derajat menggunakan otot kaki dan perut. Angkat pinggul dengan menggunakan tangan sebagai penopangnya. Posisikan kaki diatas membentuk sudut 180 derajat dan tahan posisi selama 1 menit. Buang nafas secara perlahan sambil menurunkan kaki. Dalam melakukan gerakan ini, hindari untuk menyentkan kaki.

Kesimpulan

Tentunya terdapat banyak sekali manfaat hatha Yoga yang bisa kalian dapatkan dengan urutan gerakan hatha Yoga jika dilakukan dengan rutin. Hatha Yoga pose ini juga menjadi gerakan awal jika kalian ingin melakukan berbagai gerakan Yoga lainnya.