Sepak Takraw

Sepak Takraw : Olahraga Yang Melegenda Dalam Ajang Bergengsi

Sejak masuk kedalam jenis olahraga yang dipertandingkan dalam ajang bergengsi, menjadikan olahraga yang namanya mulai redup ini kembali bersinar di Indonesia. Terlebih lagi dengan kehadiran atlet cabang olahraga ini yang mampu memboyong medali emas dalam ajang Sea Games 2019. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang olahraga Sepak Takraw, namun berkat keberhasilan para atlet tanah air menjadikan olahraga ini cukup banyak digandrungi oleh para remaja tanah air.

Sejarah Singkat Sepak Takraw

Pengertian Sepak Takraw merupakan kombinasi antara tiga jenis olahraga, yaitu voli, bulu tangkis dan sepak bola. Permainan ini sudah ada sejak zaman kesultanan Melayu loh pada tahun 634 M – 713 M dimana olahraga ini dikenal dengan nama sepak raga.

Sepak Takraw

Dan pada akhirnya nama Sepak Takraw pun disepakati oleh negara Thailand dan Malaysia dimana nama tersebut memiliki arti, yaitu kata sepak yang merupakan bahasa melayu yang berarti menendang. Sedangkan Takraw berasal dari bahasa thailand yang berati anyaman. Di Indonesia sendiri, olahraga ini masuk pada tahun 1970 dimana pada tahun 1971 terlahir suatu organisasi dari olahraga ini, yaitu PERSERASI.

Peraturan Sepak Takraw

Dalam olahraga ini,tentunya ada berbagai peraturan yang mengatur tentang olahraga ini, yaitu:

Jenis bola yang digunakan

Sepak Takraw

Dalam olahraga ini, bola harus dengan bentuk bulat dengan terbuat dari rotan atau bisa juga dari plastik sintetis dengan berat 170 gr – 180 gr dengan lingkaran 42cm -44 cm dengan memiliki 12 lubang.

Jumlah Pemain

Sepak Takraw

Permaianan ini terdiri atas 2 tim dimana tiap tim memiliki 3 orang selaku pesepak. Dan ada juga 2 orang pemain cadangan.

Lapangan Yang Digunakan

Sepak Takraw

Lapangan harus berbentuk persegi panjang dengana panjang 13,4 m serta memiliki lebar 6,1 M. Pada tengah lapangan, ada lingkaran yang harus memiliki jari – jari 30cm sebagai tempar servis takraw. Ada juga garus seperempat lingkaran disetiap penjuru lapangan dengan jari – jari 90 cm.

Tiang dan Net

Kedudukan tiang harus pada ukuran 30 cm dari garis pinggir dan net harus terbuat dari tali atau nilon yang memiliki ukuran lubang 6-8cm. Tinggi net di pinggir 1.55 m dan ditengah minimal 1.52m untuk kaum laki – laki.

Sepak Takraw

Sedangkan untuk wanita memiliki tinggi net dipinggir 1,45 m dan minimal 1,42 m ditengah. Untuk panjang net sendiri tidak diperkenankan melebihi 6.11 m dengan lebar 70 cm. Kedua ujung net ditandao dengan pita yang memiliki ukuran 5cm yang akan dikaitkan pada tiang.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Sepak Takraw

Untuk dapat memainkan jenis olahraga ini bukan hanya menggunakan kaki saja, akan tetapi kalian diperbolehkan untuk menggunakan tubuh bagian dada dan bagian kepala dengan catatan bola tersebut dapat dipantulkan dengan sebaik mungkin. Untuk lebih jelasnya, berikut mengenai cara bermain Sepak Takraw melalui teknik dasarnya.

  • Teknik Sepak Sila : Teknik yang mengandalkan kaki bagian dalam ini kerap digunakan para pemain untuk melakukan penyepakan bola. Teknik ini digunakan jika pemain ingin menerima bola untuk mengumpan ataupun menyelematkan diri dari serangan tim lawan.
  • Teknik Sepak Kuda : Teknik ini mengandalkan sebuah sepakan yang mengandalkan punggung kaki sebagai pengontrol bola, dan menguasai bola yang dilayangkan oleh tim lawan pada permainan ini.
  • Teknik Sepak Cungkil : Sepakan ini mengandalkan jari kaki untuk meraih bola yang terjauh sampai dengan bola terendah. Atau juga dapat dilakukan untuk meraih bola pantulan.
  • Teknik Sepak Simpuh : Sepakan ini mengandalkan kaki bagian luar untuk dapat menyelamatkan bola dari berbagai serangan lawan dan untuk memudahkan pemain mengontrol bola yang sedang dikuasai.
  • Teknik Menggunakan Dada : Seperti namanya, teknik ini mengandalkan dada sebagai pengontrol bola agar bola bisa terus diamainkan.
  • Teknik Menggunakan Kaki Bagian Paha : Teknik ini mengandalkan kaki bagian paha sebagai mengontrol bola, menahan bola yang datang, menerima bola dan dapat juga digunakan untuk menyelamatkan bola dari serangan tim lawan.
  • Teknik Menggunakan Bahu : Teknik menggunakan bahu ini juga dapat dilakukan untuk upaya pertahanan dari serangan lawan yang terkesan mendadak atau dalam kondisi yang tidak siap untuk menerima layangan bola dari tim lawan.
  • Teknik Menahan Bola menggunakan Dada :Teknik ini diandalkan jika bola yang dilayangkan oleh lawan datang dengan setinggi dada.
  • Teknik Menahan Bola menggunakan Paha : Pada teknik ini dilakukan jika bola yang dilayangkan oleh pihak lawan mencapai tinggi sepertut atau sepinggang.

Demikian uraian singkat dan lengkap mengenai olahraga Sepak Takraw. Semoga ulasan ini dapat membantu dan dipahami bagi kalian yang sedang ingin menggeluti atau mempelajari tentang olahraga Sepak Takraw ini.