Peraturan sepak Bola

Inilah 13 Peraturan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga sepak bola merupakan olahraga yang banyak diminati. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak – anak pun sangat menyukai olahraga ini. Kepopuleran olahraga ini bukan hanya berskala nasional saja, akan tetapi sepak bola kini menjadi suatu permainan berkelas Internasional. Tentunya ada berbagai peraturan sepak bola yang wajib kalian ketahui.

Terbukti bahwa setiap tahunnya akan ada ajang piala dunia yang menghadirkan berbagai club ternama dari belahan dunia. Tidak hanya sekedar menendang bola aja dan memasukan bola ke dalam gawang saja, akan tetapi dalam permainan sepak bola ini terdapat berbagai peraturan yang selalu mengalami pembaharuan setiap tahunnya.

Jika kalian  berniat untuk menjadi pemain bola ataupun suka menyaksikan pertandingan sepak bola, yuk ketahui apa saja sih peraturan – peraturan dalam permainan sepak bola melalui ulasan berikut ini.

Peraturan Mengenai  Lapangan dan Bola

Peraturan dasar sepak bola yang harus kalian ketahui adalah mengenai ketentuan lapangan dan bola yang akan digunakan. Standard ukuran lapangan adalah memiliki panjang 90 hingga mencapai 120 meter dengan memilik lebar sekitar 45 sampai dengan 90 meter. Sedangakan untuk pertandingan berkelas skala Internasional sebagaimana aturan FIFA, telah menetapkan ukuran lapangan harus dengan panjang lapangan minimal 100 sampai dengan 110 meter dengan kelebaran yang mencapai 64 hingga 75 meter.

Peraturan sepak Bola

Bentuk lapangan sepak bola sendiri adalah persegi panjang dengan hamparan luas rumput hijau. Lapangan yang digunakan dalam sepak bola harus dengan garis pinggir dimana tidak boleh melebihi dari batas yang ditentukan, yaitu 12 cm. Sedangkan untuk ukuran gawangnya memiliki tinggi 2,44 meter disertai lebar bagian dalam sekitar 7,32 meter serta garis gawang yang tidak boleh lebih dari 12 cm.

Untuk lingkaran area kick-off, harus dengan jari – jari lingkaran dengana jarak 9,15 meter atau berdiameter 18,3 meter. Untuk bolanya, sudah pasti berbahan kulit dengan ukuran 68 – 70 cm dan memiliki berat sekitar 14 – 16 ons. Pemain pun tidak diperkenankan untuk mengganti bola, hanya wasitlah yang berhak melakukan hal tersebut.

Peraturan Jumlah Pemain dan Durasi  Pertandingan

Pada pertandingan persepak bolaan, jumlah tim yang bertanding adalah sebanyak dua tim dimana masing – masing tim tersebut memiliki 11 orang pemain yang ditambah dengan beberapa pemain cadangan. Sebelas orang tersebut terdiri atas satu orang kapten, satu orang kiper, dan Sembilan orang lainnya yang bertindak sebagai bek, gelandang, daan juga penyerang. Pada ajang Internasional, tim yang bertanding hanya diizinkan mengganti sebanyak tiga kali pergantian pemain.

Peraturan sepak Bola

Pertandingan akan berjalan selama 90 menit dan terdiri atas dua babak yang masing-  masing babak tersebut berlangsung selama 45 menit. Disetiap pergantian babak, aka nada waktu istirahat selama 15 menit. Saat pertandingan dimulai, pemain akan saling berjabat tangan dengan tim lawan dimana momen tersebut akan diberikan ekstratime. Ekstratime juga berlaku apabila kedua tim seri atau adanya kejadian yang membuat waktu pertandingan terpangkas.

Perlengkapan Untuk Pemain Sepak Bola

Setiap tim wajib menggunakan pakaian olahraga khusus untuk kenyamanan mereka selama pertandingan berlangsung. Pakaian tersebut memiliki kesamaan baik dari segi warna atau bahan ( seragam ). Baju yang menggunakannya pun harus berbahan jersey printing, celana pendek, sepatu, kaus kaki, ban kapten ( hanya para kapten masing – masing tim ) dan tidak ketinggalan juga dengan pelindung tulang kering.

Peraturan sepak Bola

Hanya kiperlah yang memiliki sedikit perbedaan mengenai perlengkapannya. Yaitu dengan mengenakan baju lengan panjang dengan bahan jersey berpola dan berwarna,celana panjang dan sarung tangan. Seluruh pemain pun dilarang untuk mengenakan aksesoris yang berlebihan.

Peraturan Wasit dan Asisten Wasit

Peraturan sepak Bola

Untuk Pertandingan sepak bola, harus ada seorang wasit yang akan memulai pertandingan dan sebagai penentu pelanggaran. Selain wasit, akan ada pula dua asisten wasit selaku hakim garis yang membantu wasit dalam menentukan terjadinya bola keluar, offside dan juga lemparan kedalam.

Peraturan Mengenai Kick Off

Peraturan sepak Bola

Kick Off bukanlah tendangan sembarangan. Akan ada Pertauran dalam permainan sepak bola mengenai tendangan ini. Perlu kalian ketahui bahwa tendangan ini dilakukan hanya saat memulai pertandingan, memulai babak kedua, saat gol terjadi dan memulai babak ekstra time saja.

Peraturan Gol

Peraturan sepak Bola

Suatu pertandingan akan mendapatkan poin ketika salah satu pemain berhasil memasukan bola kedalam jaring gawang atau pun melewati garis gawang. Gol tersebut dikatakan sah jika tidak terdapat pelanggaran. Akan tetapi jika ada pemain yang memasukan bola ke dalam gawang tim itu sendiri, maka gol tersebut juga dikatakan sah.

Peraturan Offside dan Onside

Peraturan mengenai Offside dan Onside terjadi jika pemain berada di wilayah kekuasaan lawan. Pemain akan dikatakan offside apabila pemain tersebut berdiri dibelakang pemain devender lawan sebelum bola tersebut datang.

Peraturan sepak Bola

Hal ini tidak akan berlaku jika pemain berada di garis tengah seorang diri atau tanpa adanya pemain belakang lawan. Akan tetapi insiden tersebut merupakan Onside yang perlu dihindari oleh para pemain. Jika hal ini terjadi, makan pemain lawan diperkenankan melakukan tendangan bebas.

Peraturan Lemparan Kedalam atau Throw In

Jika bola keluar lapangan, maka peraturan lemparak kedalam akan diberlakukan. Tim yang harus mengambil lemparan adalah tim yang tidak mengeluarkan atau menyentuh bola terakhir sebelum bola melewati garis lapangan.

Peraturan sepak Bola

Ketika pemain ingin melakukan lemparan, pemain tersebut tidak boleh terlalu lama membuang waktu dengan menahan bola tersebut dalam waktu lama yang membuat terbuangnya waktu pertandingan. Pelempar bola juga tidak diperkenankan untuk membuang bola dengan cara mengangkatnya dengan kaki loh.

Peraturan Tendangan Gawang

Peraturan sepak Bola

Peraturan yang diperuntukan untuk para pemain sepak bola selanjutnya adalah mengenai tendangan gawang. Tendangan ini dilakukan ketika bola telah melalui garis gawang yang disebabkan oleh pemain lawan. Oiya, yang dapat melakukan tendangan ini hanya penjaga atau teman dalam satu tim saja yah.

Peraturan Tendangan Sudut atau Corner Kick

Peraturan sepak Bola

Corner Kick merupakan tendangan pojok yang dilakukan para pemain ketika bola keluar lapangan dan juga melalui garis gawang yah. Yang boleh melakukan tendangan ini hanya tim lawan dengan letak tendangan berada di pojok kiri atau pojok kanan lapangan.

Peraturan Dalam Pelanggaran

Ada beberapa pelanggaran yang wajib untuk kalian ketahui. Diantaranya adalah tackle keras, handsball, mendorong lawan, dan menarik lawan. Dalam setiap pelanggaran ini, akan ada dua kartu yang digunakan wasit untuk menindak para pelanggar Yaitu kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning diberikan oleh wasit kepada pelanggar sebagai bentuk teguran.

Peraturan sepak Bola

Namun apabila pemain tersebut melakukan pelanggaran lagi, maka pemain tersebut akan mendapat kartu kuning kedua yang kemudian akan berubah menjadi merah yang mengharuskan pemain keluar dari area pertandingan.

Wasit dapat memberikan kartu merah tanpa mengeluarkan kartu kuning jika pemain tersebut terindikasi melakukan pelanggaran dengan unsur kesengajaan yang dapat membahayakan pemain lawan. Tidak hanya disitu saja, kedua kartu tersebut tentunya memiliki sangsi hukuman lain yang akan diberikan oleh FIFA berdasarkan banyaknya kartu yang didapati pelanggar.

Peraturan Tendangan Bebas atau free Kick

Peraturan sepak Bola

Dalam tendangan bebas, pemain boleh menendang secara langsung ke arah gawang, atau boleh juga mengopernya pada teman satu tim nya. Dan tendangan ini harus dilakukan di tempat terjadinya sebuah pelanggaran oleh pemain.

Peraturan Mengenai Pinalty

Peraturan sepak Bola

Ketika terjadi tendangan penalty, seorang kiper tidak diperkenankan maju kea rah depan sebelum penendang melontarkan bola. Sedangkan untuk pemain lainnya harus ada dalam posisi di luar kotk 16 gawang. Tendangan ini berlaku karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pemain di dalam area gawang.